Langsung ke konten utama

Cara Perpanjang SIM


Hello, good people. How are you? Hope your day amazing yaa :) Thank you for visiting my page :*

Kali ini aku mau bagi-bagi cerita tentang pengalamanku "Bagaimana Cara Memperpanjang SIM". Oh iya, kenalan dulu kali ya biar gak canggung gitu. Kalian bisa panggil aku Rena. Dah! Gitu aja ya kenalannya. Jadi SIMku udah mau habis masa berlakunya, kebetulan yang aku perpanjang adalah SIM C, soalnya aku belum punya SIM A apalagi SIM B. Masa habis SIMku tanggal 13 Maret terus aku ngurus perpanjangan SIM tanggal 1 Maret. Jangan sampai terlambat ya pokoknya, soalnya kalo terlambat kalian akan ujian berkali-kali ngulang tapi tak lolos  jua, kalo ujian tulisnya sih SIM lagi. Menurutku, itu ujian yang cukup sulit looh apalagi kalo kamu termasuk golongan "pitulas tahun anyaran". Sulitnya di ujian praktik, berkali-kali ngulang tapi take lolos  jua, kalo ujian tulisnya sih gampang. Jadi aku tebak, akan banyak diantara pendaftar SIM baru yang pake jalur belakang alias "nembak", mbok kiro nembak yen seneng karo wong wedok thok? Ternyata ora gaes :". Lanjut yaa... Aku cah Sukoharjo lhoo gaes.. Kowe cah ngendi? Jadi khususnya kamu-kamu cah asli Sukoharjo yang mau perpanjang SIM C, gini caranya:


- Pertama, kamu harus tes KIR SIM lagi... Udah pernah kan gaes, harusnya sih udah. KIR itu gaada singkatannya karena itu istilah dari bahasa Belanda "KEUR" googling aja untuk lebih jelasnya, hehe. Bagi kalian cah Sukoharjo, tes KIR SIM sekarang udah enggak di Jombor depan Gelora Merdeka, tapi pindah di Calen, tepatnya di bagian belakang apotek Calen Farma (bangjo jombor ngalor sithik, kiri jalan, dari arah proliman). Alamatnya Jl. Jend. Sudirman no. 139. Buka jam 8 pagi sampe sore (lupa jam berapa). Sumpah rame banget dan harus ngantri pastinya. Siapapun, dari daerah Sukoharjo manapun, tes KIR ya cuma disini aja, beruntung rumahku deket dari pusat kabupaten Sukoharjo. Kalo mau ngantri sih yaudah berangkat kapan aja gapapa. Tapi kalo mau cepet berangkat jam 7 pagi, sebelum tempatnyaa buka :') Waktu itu aku sampai di lokasi jam setengah 9an, selesainya jam setengah 11.Syarat yang harus kalian bawa ialah fotocopy SIM dan KTP dua rangkap cukup, kalo mau lebih silahkan. Kalo kamu gak sempet fc gapapa, disana ada tempat fc. Nanti ada mbak-mbak yg duduk di samping gedung (mbak ini sekaligus tukang fc nya), mintain fc SIM dan KTP kamu buat jadi nomor antrian, yang satu rangkap nanti dikembalikan untuk kamu bawa. Lalu, tunggu sampai nama kamu dipanggil. Inget ya, waktu menunggu sebanding sama banyaknyaa orang yang ada disitu, kalo disitu udah ramai orang, bisa dipastikan waktu menunggumu akan semakin lama. Setelah nama kamu dipanggil, barulah masuk untuk tes KIR seperti tes KIR pada umumnya. Fotocopy KTP yang tadi kamu bawa nanti diminta, terus kamu harus bayar biaya tes sebesar Rp 40.000,- (empat puluh ribu rupiah). Daaaan, tes KIR selesai.

- Selanjutnya, selesai tes KIR, aku langsung ke SATLANTAS POLRES SUKOHARJO (depan pasar Ir. Soekarno Sukoharjo). Masuklah ke kantor, nanti minta formulir ke petugas (ada mimbar receptionist di sebelah kanan setelah pintu masuk), terus isi deh formulirnya. Oh iya, kalo bisa sih bawa pulpen dari rumah, tapi biasanya lupa sih yaa, disana juga ada yang jual pulpen seharga Rp 2.000,- (dua ribu rupiah). Tapi kan kalo bawa dari rumah biar gausah beli, meskipun cuma dua ribu, tapi dua ribu juga susah nyarinya woy :( Disana ada panduan mengisi form, jadi tenang gausah bingung. Kalo udah selesai ngisi, lalu bayar di BRI yang ada disitu. Kalian tau kan kalo depan Satlantas ada ATM BRInya, naah di belakang ATM situ nanti ada pintu tulisane "TARIK", lalu kami tarik terus masuk. Bayar biaya perpanjang an SIM sebesar Rp 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah). Kalo udah, masuk lagi ke kantor menuju Loket 1 (perpanjang SIM), serahkan formulir, bukti tes KIR, dan SIM asli ke petugas, nanti dikasih nomor antrian. Silakan menunggu sampai nama kamu dipanggil. Setelah nama kamu dipanggil, nanti masuklah kita ke ruang foto, nanti disana gak sendirian, rame-rame karena sekali panggil, bisa 5-10 orang. Data diri kita nanti dicek dahulu, pastikan data diri kamu bener bener benar yaaa, lalu kesepuluh jari nanti dicek sidik jarinya, dan lalu difoto deh.

- Setelah itu, kamu harus nunggu lagi buat ngambil SIM baru kamu. Kalo ini sih menurut aku lebih Cepat dari yang aku bayangin. Sekitar 10-15 menit nunggu, nanti dipanggil ke loket pengambilan SIM. And then, finish deh!
Naah gitu yaa kurang lebih tata caranya perpanjang SIM. Semoga membantu buat kalian. Biar ada gambaran kan, karena aku tahu, kalian udah dewasa, dilatih untuk mandiri. Pasti ada diantara kalian kalo mau perpanjang SIM nggak ditemenin orangtua, sendirian, kayak aku misalnya :')
Sekian dan terima kasih, jangan lupa comment yaaa, sampai jumpa di postingan selanjutnya.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJELASKAN ZAT YANG DIKELUARKAN/DIHASILKAN PADA PROSES RESPIRASI AEROB

MENJELASKAN ZAT YANG DIKELUARKAN/DIHASILKAN PADA PROSES RESPIRASI AEROB Respirasi aerob merupakan proses respirasi yang membutuhkan oksigen bebas untuk menghasilkan energi. Persamaan reaksi proses repirasi aerob secara sederhana dapt dituliskan: C 6 H 12 O 6 + 6O 2 à 6H 2 O + 6CO 2 + 675 kal Respirasi aerob terjadi dalam empat tahap, yaitu: 1. Glikolisis 2. Dekarboksilasi Oksidatif 3. Siklus Krebs 4. Rantai Transport Elektron 1.       Glikolisis Glikolisis adalah proses pengubahan molekul glukosa (6 C) menjadi asam piruvat (3 C). Selain menghasilkan 2 molekul asam piruvat, tahap glikolisis juga menghasilkan 2 molekul NADH dan 2 ATP. Proses glikolisis berlangsung di dalam sitoplasma (sitosol).   2.       Dekarboksilatif Oksidatif Asam Piruvat Dekarboksilatif Oksidatif Asam Piruvat berlangsung dalam matriks mitokondria . Pada reaksi ini, asam piruvat (senyawa berkarbon 3) dikonversi menj

MENGAPA STATISTIKA DIPERLUKAN?

MENGAPA STATISTIKA DIPERLUKAN? Pada era globalisasi ini, informasi menjadi basis intelektual di masyarakat dan hampir semua kegiatan manusia bersumber pada informasi. Kebutuhan informasi data semakin meningkat untuk keperluan analisis dan dalam pembuatan keputusan baik didunia penelitian maupun pengembangan bisnis, industri, serta lembanga lainnya. Statistika sebagai bagian dari ilmu pengetahuan analisis data berkembang sangat cepat dan telah masuk diberbagai penerapan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan satatistika didukung oleh pengembangan teknologi informasi dengan perangkat lunak statistika berupa berbagai paket statistika dalam personal komputer. Penggunaan statistika dalam dunia industri meningkat secara cepat, terutama dipicu dengan dikeluarkannya sistem kualitas, seperti pada ISO 9000 pada tahun 1987 sebagai standar kualitas internasional Indonesia mengadopsi sistem kualitas ISO 9000 dan memberi nama Standar Nasional Indonesia (SNI) 19-9000-1992. D